personal accountant

ada gak sih profesi personal accountant di Indonesia, analoginya seperti kuasa hukum pribadi tapi untuk bidang keuangan kita? ide awalnya muncul ketika gw teringat salah satu pembicaraan dengan teman2 di kantor dulu mengenai kelemahan kartu kredit, yang salah satunya jika terjadi kenapa2 dengan kita, maka yg bakal menderita adalah keluarga yg bertanggung jawab terhadap kita, yg bakal terus dikejar oleh pihak kartu kredit (melalui debt collector-nya) meskipun sebenarnya utang kartu kredit kita jumlahnya gak signifikan. oke lah kalau untuk satu kartu kredit kita bisa handle masalah ini, tapi bayangkan kalau kita punya beberapa kartu kredit (banyaklah), pinjaman rumah, mobil, pinjaman bank untuk usaha dll. Kasihan sekali keluarga yg ditinggalkan ketika terjadi sesuatu dengan kita, sudah bersedih karena diri kita eh ditambah dengan masalah utang piutang yg lumayan ribet.

Di sini lah sosok personal accountant berperan, secara umum mereka seperti bendahara keuangan kita, mengurusi berbagai rupa transaksi keuangan (scope dan skala-nya bisa kita atur), bisa juga sebagai financial planner, wealth management, ngurusin laporan pajak dll. gw pikir untuk orang2 superkaya indo pasti punya lah sosok personal accountant ini, tapi bisa juga dikembangkan untuk orang2 biasa, at least berbentuk service/layanan khusus. bisa jadi salah satu unit (usaha?) bank dsb. just one of my idea, adakah?

Tentang guciano

me? just one of the human being that so unperfect, unbalance ... full of error ... but dream to be loved by entire humankind ...
Pos ini dipublikasikan di blablabla, financial, new born. Tandai permalink.

3 Balasan ke personal accountant

  1. adam berkata:

    hallo ojan…

    kayaknya, profesi yang seperti itu sudah dimuat di financial planner deh jan…?
    atau coba aja buka biro konsultasi jan, siapa tau laku hehehehe….

    adam radiman

    • guciano berkata:

      Adam, makasih dah mampir🙂
      Ooo dah ada ya Dam di financial planner itu? Baguslah kalo begitu, gue soalnya belum pernah berurusan dengan yg namanya financial planner. Selama ini yang gue lihat fungsinya banyakan sebagai konsultan. Kalo yang gue tulis ini lebih ke admin-nya kali ya kalo dianalogikan.

      Hahaha… ide bagus Dam. Kita telaah dulu🙂

  2. ismailmarzuki berkata:

    profesi kayak gini harusnya di-handle sama istri jan.
    makanya buruan kawin!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s