spyware … bahaya juga

laptopnya mbak ana (teman gue yg sama2 ditugaskan ke south africa) tiba2 kena spyware sesuatu (yg gue lupa namanya, tapi kayaknya lagi heboh baru2 ini). hal ini terjadi gara2 mbak ana lagi iseng nyari activation code buat sesuatu software di internet. pas dapat dan di-klik, eh bukannya activation code yg didapat tapi pemberitahuan bahwa komputernya kena virus. mbak ana yg nyangka memang iya ada virus, ngeklik2 aja pada pemberitahuan tersebut. yg ada si spyware tersebut makin menjadi, ngehide tulisan “all programs” di start menu windows, menyembunyikan drive D laptopnya (tapi pas di-scan masih ada kok) sampai akhirnya bikin start-up windows lambat banget. akhirnya mbak ana minta bantuan orang IT kantor sini buat nge-remove dan voila … barusan laptopnya datang setelah dirawat inap satu hari.

nah si orang IT tersebut (namanya Werner) nginstall program anti spyware baru di laptopnya mbak ana karena katanya antivirus free yg mbak ana pake (antivir) gak bisa nge-handle spyware2 nakal yg banyak betebaran di dunia maya. nama program baru tersebut adalah … eng ing eng … SUPER ANTI SPYWARE … gue yg emang dasarnya penggemar barang2 gratisan, langsung googling dan download tu software langsung dari produsennya di :

http://www.superantispyware.com

Alhamdulillah, file installer yg berukuran 6MB berhasil ter-download dengan sempurna dan sekarang nangkring di my document komputer kantor gue. sistemnya sih kayaknya mirip2 avg (antivirus freeware yg gue pake), dimana kita juga bisa update spyware definition database-nya via internet ataupun download manual. nah, ini nih yg gue suka. udah gratis, ter-update lagi hehehe …

yg pasti ntar pulang harus langsung gue install lah di laptop, secara gue orangnya suka banget browsing2 ke situs gak jelas, ntar tiba2 ada spyware2 gitu, mati deh …

Tentang guciano

me? just one of the human being that so unperfect, unbalance ... full of error ... but dream to be loved by entire humankind ...
Pos ini dipublikasikan di it, my friend, reporting dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s