Fun Weekend (Hopefully) With Good Books

tanti.jpg  machoman1.jpg

This week, aku menghabiskan waktu dengan menamatkan dua buku bagus yang aku beli karena tertarik dengan temanya. Kebetulan kedua-duanya bertemakan LGBT (gak kebetulan juga sih, karena memang aku tertarik untuk membeli buku-buku itu karena temanya LBGT hehehe …). Pas beli di Trimedia-nya Ambas, rada berat hati sih karena dua-duanya berharga rada mahal (dengan nominal tak jauh berbeda), apalagi mengingat kekecewaanku selama ini akan beberapa cerita dari pengarang-pengarang Indonesia dadakan (gak semua sih, tapi beberapa orang itu benar-benar mencorengkan nama baik pengarang Indonesia. Sama saja dengan beberapa sutradara film Indonesia yang membuat sebagian penggemar film meninggalkan film Indonesia karena dianggap kurang bermutu). Untungnya setelah membaca habis keduanya dalam satu minggu ini (satu gelombang besar kegiatan hobi menurutku setelah minggu-minggu sebelumnya diisi dengan menonton koleksi film yang kupunya secara simultan), aku bisa tersenyum berpuas hati karena telah memilih buku yang tepat untuk dijadikan koleksi. Yup, dua-duanya menurutku berada di atas nilai rata-rata untuk cerita-cerita yang beredar saat ini.

Satu buku berjudul Un Homme et Une Femme (aduh judulnya dalam bahasa Perancis, sampai sekarang susah sekali mengingat judul buku ini, sekarang aja nulis judulnya sambil melihat cover bukunya yang meringkung manis di tempat tidur) karangan Stanley Dirgapradja. This is his first book actually that have been published by big publisher I think and I give him a great applause for making such a great writing here. Dengan mengambil tema cinta yang memang universal (dan laku pastinya, apalagi di tengah suasana valentine begini hehehe …), Stanley sukses membuat cerita ini menjadi romantis menurutku dibanding novel-novel cinta lain yang menjurus ke arah cengeng-cengeng sentimentil gak jelas. Udah bukan jamannya lagi kali ya (it’s 2008 now, not early 90’s when the sentimental is booming hehehe …).

Ceritanya sih lumayan unik, dengan tokoh utama berpusat pada Lara dan Bayu, dua orang sahabat dekat yang saling bantu-membantu dalam menjalani kehidupan cinta mereka. Lara, berpacaran dengan kakak Bayu, Khrisna, namun ragu dengan kelanjutan hubungan mereka sehingga memilih untuk mengujinya dengan berpisah untuk sementara. Sedangkan Bayu yang masih trauma dengan hubungan terakhirnya yang gagal dengan Shanice, sahabat Lara, yang akhirnya malah bertemu dengan Rio, seorang lelaki yang mengirimkan sinyal-sinyal indah ke dalam hatinya. So, can you guess the ending? Klise sih, and I love that hehehe … Yang pasti dengan gaya penulisan yang rada semi formal (mengapa membuatku teringat akan Andrei Aksana?), menyisipkan kata-kata bahasa Inggris dan Prancis secara tepat sehingga tidak terkesan norak dan maksa, Stanley menghiasnya dengan suasana wuoke kota Yogya (and I miss this beautiful city, I want to go there again). Uuuooohhh … this book really warmed up my cold Saturday morning.

Buku kedua, Macho Man Ngomong Cong, kutemukan sejak sebulan yang lalu di deretan buku-buku terbaru di Gramedia Plangi, sempat tertarik untuk membaca ringkasan di cover belakang, tapi gak terlalu tertarik untuk membeli karena takut isinya jelek (dan gak nyadar kalo temanya LGBT hehehe …). But after I was doing blogwalking in my cubicle at afternoon, I found the blog of the writer, Fa, http://www.orgasmingorganism.blogspot.com and I read that this book told us the stories of Fa and his thought about his life as a gay. Wow … so interesting and I just bought it when I had a chance to visited the bookstore. Of course, at first I read his blog first and I thought I like his style of writing (that’s the most important thing).

Setelah membaca bukunya, aku baru sadar kalo isinya adalah kumpulan tulisan-tulisan di blognya yang dulu-dulu (kalo dilihat dari tanggalnya sih antara periode 2005-2006), yang membuatku teringat akan Kambing Jantan-nya Raditya Dika. Gak papalah, asal pengaruh yang dibawa bagus dan gak malu-maluin, terbukti. Memang si Fa lancar-lancar aja nulis, cerita-cerita mengenai masalah-masalah kehidupannya, kisah cinta yang sedih, sex as a need, fenomena-fenomena baru, unik, dan lucu di kalangan komunitas gay, dll lah. Sebut saja tulisannya mengenai You can say your friend is a gay when you saw his friendster bla3x, A-Z mengenai kisah masa kecil seseorang yang finally semuanya menjadi gay, exhibisionist di toiletnya PI, ketipu gara-gara ajakan orgy party, kesukaannya pada gym and muscle man, dan masih banyak lagi. At least, you can see the other side of life that what you have been through until now. Dan aku suka membaca kisah-kisah yang beda dan unik seperti ini karena it helps me to understand the diversity of life. Yang pasti, aku jadinya masukin blog Fa ke dalam favorite web di internet explorer kantor dan gak sabar untuk membaca lagi cerita-cerita dia yang lainnya.

Wuih cukuplah, setelah sekian lama gak nulis, akhirnya aku berhasil menulis ulasan cukup panjang seperti ini. Yah mudah-mudahan memberi informasi berarti buat kamu yang ngebaca. Seperti Bayu (Un Homme et Une Femme) yang mencoba mengabadikan memorabilia kehidupannya dalam bentuk foto, aku mencoba merekamnya dalam bentuk tulisan di blog ini. This is my new year resolution for 2008 (telat banget ya … but at least aku berhasil menulisnya hehehe …). Doakan ya teman-teman … Gambatte!!!

Closing song : Ten to Five – Eien No Ai

Tentang guciano

me? just one of the human being that so unperfect, unbalance ... full of error ... but dream to be loved by entire humankind ...
Pos ini dipublikasikan di blablabla, books, comment. Tandai permalink.

2 Balasan ke Fun Weekend (Hopefully) With Good Books

  1. dimaskodri berkata:

    LGBT tuh apa jan??

  2. guciano berkata:

    LGBT singkatan dari Lesbian, Gay, Bisexual, and Transgender
    jadi tema yg mengangkat isu-isu semacam itu
    tertarik?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s